dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Cara-Cara Jadi Orangtua Teladan (I)

Cara-Cara Jadi Orangtua Teladan (I)

Written By Unknown on Jumat, 06 April 2012 | 12.44


detail berita
Anak bahagia bersama ibunda (Foto: Corbis)
MENJADI orangtua teladan bagi anak bukanlah hal sulit. Anda cukup memberikan contoh agar sang buah hati dapat memiliki referensi sikap terbaik.

Jika ingin menjadi teladan bagi anak atau ingin nasihat dituruti, maka sesuaikan perkataan dengan tindakan Anda. Jangan sekali-sekali melarang anak melakukan sesuatu, tapi pada kenyataannya Anda melakukan hal yang dilarang tersebut. Anak-anak belajar dari perilaku, bukan perkataan Anda.

Seperti dilansir Babble, Anda dapat menjadi orangtua teladan yang patut dicontoh anak-anak dengan cara ini.

Katakan hal-hal positif tentang anak Anda

Jangan segan-segan memuji anak Anda jika melakukan sesuatu. Contohnya, anak Anda sedang menggambar, puji betapa bagus gambar yang dibuatnya. Jangan lupa dukung terus minat dan bakat anak Anda.

Bersikap adil

Wajar, bila orangtua berbeda pendapat atau beragumen. Namun, tetaplah tenang dan bersikap adil ketika beragumen dan menyatakan pendapat. Anak-anak belajar tentang cinta, mengendalikan kemarahan, dan penyelesaian konflik dari orangtua.

Memaafkan

Ketika marah, segeralah baikan dan meminta maaf. Juga ketika Anda berbuat salah, akuilah kesalahan dan meminta maaf. Anak belajar baikan dan memaafkan dari orangtua.

Ramah dan tolong-menolong

Menebarkan senyum, menunjukkan rasa hormat, dan membantu orang lain, mungkin tampak seperti hal kecil. Tapi, itu adalah pelajaran berharga bagi anak Anda.

Menjadi penyemangat

Menanyakan keadaan, mengirim bunga, meninggalkan catatan yang menggembirakan, atau menawarkan pujian sederhana, menunjukkan betapa kita menghargai orang yang dicintai.

Berkata jujur

Jangan berbohong meskipun itu untuk kebaikan. Selalu berkata jujur, meski menyakitkan. Sekali kita bohong kepada anak, mereka akan melakukan hal yang sama kepada Anda.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger