dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Agen pembunuh Korut dipenjara di Seoul

Agen pembunuh Korut dipenjara di Seoul

Written By Unknown on Kamis, 05 April 2012 | 18.22


Seorang warga Korea Utara pembelot dijatuhi hukuman penjara empat tahun oleh pengadilan Seoul karena terbukti berusaha membunuh sejumlah aktivis anti Pyongyang dengan jarum beracun.
Terdakwa yang hanya disebut dengan nama An itu didakwa berusaha membunuh Park Sang-hak seorang aktivis yang kerap mengirim selebaran propaganda ke Korut.
Pejabat Korea Selatan mengatakan An diperintah Pyongyang untuk membunuh Park yang juga adalah sesama pembelot dari Korea Utara.
An digambarkan sebagai mantan anggota pasukan komando Korea Utara yang membelot ke selatan pada akhir 1990-an. Dia ditahan pada September 2011.
Sedangkan Park, memimpin kelompok aktivis yang menerbangkan balon di perbatasan kedua negara utnuk membawa selebaran yang isinya mengkritik pemerintahan Korea Utara.
Tahun lalu kepada sejumlah wartawan Park mengatakan dia diminta menemui An pada 3 September tahun lalu.
Namun, seorang agen intelijen Korsel mencegah Park untuk menemui An.

Agen pembunuh

Pengadilan Distrik Seoul dalam amar putusannya mengatakan hukuman penjara itu dibutuhkan untuk kejahatan yang dapat mengancam keselamatan warga negeri itu.
"Tetapi pengadilan juga mempertimbangkan kondisi yang membuat An harus melakukan kejahatan ini, misalnya fakta bahwa dia diberi jarum beracun itu saat mengumpulkan informasi intelijen utara untuk Dinas Rahasia Korsel," demikian pernyataan pengadilan.
Kantor berita Korea Selatan, Yonhap melaporkan An setuju untuk melakukan pembunuhan karena pada dasarnya dia membenci Dinas Rahasia Korsel (NIS).
Selain dihukum penjara, An juga harus membayar denda sebesar US$10.399 atau Rp95 juta lebih yang setara dengan bayaran yang diterimanya dari Korea Utara.
Korea Utara beberapa kali menggunakan agen-agen rahasia untuk membunuh target mereka di Korea Selatan.
Pada 2010, Korea Selatan memenjarakan dua agen Korut karena merencanakan pembunuhan Hwang Jang-yop, seorang pejabat tinggi Korea Utara yang membelot ke selatan.
Kedua orang itu mengaku berpura-pura menjadi pembelot demi rencana membunuh Hwang. Namun, Korea Utara membantah mendalangi usaha pembunuhan itu.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger