dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » » Target Penerimaan dari Pertambangan Naik Rp 1 Triliun

Target Penerimaan dari Pertambangan Naik Rp 1 Triliun

Written By Unknown on Jumat, 30 Maret 2012 | 18.15


JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan negara bukan pajak (PNBP) untuk subsektor pertambangan umum dalam RAPBN Perubahan 2012, ditargetkan bertambah Rp 1 triliun. Dengan demikian, target penerimaan negara bukan pajak dari sektor pertambangan umum itu menjadi Rp 28,9 triliun.
Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Harya Adityawarman, Kamis (29/3/2012), di Jakarta, dari total target penerimaan negara itu, sekitar 90 persen di antaranya berasal dari perusahaan-perusahaan pemegang perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara (PKP2B).
Adapun kontribusi dari perusahaan-perusahaan pertambangan pemegang izin usaha pertambangan masih sangat kecil, termasuk setoran penerimaan negara dari komoditas mineral.
"Selama ini kami tidak bisa mengontrol, berapa produksi dan pendapatan perusahaan-perusahaan pertambangan pemegang izin usaha pertambangan. Karena itu, kami saat ini sedang melaksanakan rekonsiliasi izin-izin usaha pertambangan," kata Harya.
Rekonsiliasi ribuan izin usaha pertambangan itu, ditargetkan rampung pada tahun ini sesuai dengan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Dengan adanya rekonsiliasi IUP itu, pemerintah akan dapat menata ulang industri pertambangan di Indonesia agar terkendali dan meminimalkan dampak aktivitas pertambangan terhadap kerusakan lingkungan.
Dalam rekonsiliasi itu akan diketahui, mana saja IUP yang bermasalah misalnya tumpang tindih lahan, ada beberapa IUP dalam satu kawasan, dan persoalan lain.
Jika terjadi tumpang tindih lahan, pemerintah pusat merekomendasikan agar pemerintah daerah segera menyelesaikan masalah itu dengan membagi wilayah berdasarkan koordinat. Selain itu, bisa juga dengan membatalkan IUP salah satu perusahaan yang beroperasi di wilayah pertambangan tersebut, sehingga nantinya hanya ada satu perusahaan dalam satu wilayah.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger