dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » » Santai & Kreatif dengan Merangkai Bunga

Santai & Kreatif dengan Merangkai Bunga

Written By Unknown on Selasa, 20 Maret 2012 | 15.09


detail berita
Wanita sedang merangkai bunga (Foto: Gettyimages)
ADA banyak cara mengisi waktu luang, salah satunya dengan merangkai bunga. Itulah yang dilakukan anggota Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) Jakarta Utara. Selain mengasah kreativitas, kegiatan ini juga bisa menambah pemasukan.

Kalau ditelisik lebih jauh, ternyata masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari bunga. Lihat saja ketika pesta pernikahan atau acara-acara adat lainnya. Dekorasi panggungnya pasti dipenuhi bunga-bunga yang cantik dan menawan. Namun, umumnya orang hanya mampu mengaguminya. Inilah yang menjadi perhatian komunitas IPBI hingga akhirnya ingin memperkenalkan bunga sebagai objek kegiatan seni.

Lewat kegiatan merangkai bunga, IPBI berharap masyarakat bisa melakukan kreasi cantik terhadap bunga yang memang cantik. IPBI tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Ada IPBI Jatim, IPBI Sumatera Utara, dan IPBI Jakarta. Di wilayah Jakarta, ada IPBI Jakarta Utara. IPBI Jakarta Utara sudah berdiri sejak sepuluh tahun lalu. Namun, mulai aktif kembali pada tahun 2008 sejak diketuai Lilia Veronica.

Sampai saat ini, IPBI Jakarta Utara memiliki sembilan puluh anggota. Di dalam demo-demo dan workshop-nya, IPBI Jakarta Utara selalu berusaha memberikan pendidikan mengenai cara merangkai bunga dan memajukan dunia florist. “Agar semua masyarakat yang mencintai bunga lebih berkembang dan termotivasi untuk maju,” tutur Lili. Dari setiap demo dan workshop yang diadakan, sedikitnya ada sepuluh peserta yang akhirnya mendaftar untuk menjadi anggota IPBI Jakarta Utara.

Untuk menjadi anggotanya, tidak ada persyaratan khusus. Yang penting, anggota harus menyukai, tertarik dengan dunia bunga, dan mau belajar. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam komunitas ini. Selain bisa mengetahui informasi tentang berbagai bunga dan perkembangannya, anggota juga bisa berkenalan dengan sesama pencinta bunga, memperluas pergaulan, hingga akhirnya memperbesar jaringan. Kalau sudah begini, peluang membuka usaha pun bisa terbuka lebar.

Misalnya membuka usaha yang berkaitan dengan bunga, yakni usaha dekorasi untuk acara pernikahan atau ulang tahun. Selain itu, menekuni dunia bunga bisa membuat hati merasa sejuk dan jauh dari stres. Itu yang dirasakan Tien Stanley. Tien, yang juga anggota IPBI Jakarta Utara, sudah menekuni dunia bunga selama kurang lebih tiga puluh tahun. “Kalau lihat bunga, rasanya senang. Kalau sehari tidak melihat, rasanya seperti ada yang kurang,” katanya tersenyum.

Bagi ibu rumah tangga yang kegiatannya menguras tenaga dan pikiran, kegiatan merangkai bunga memang jadi hiburan tersendiri. Tak heran, anggota IPBI Jakarta Utara kebanyakan adalah para ibu rumah tangga. “Kalau sudah merangkai bunga, pikiran jadi lebih rileks dan tenang,” tambah Lili. Nah, bagi ibu rumah tangga atau siapa saja yang ingin pikirannya lebih santai, mencoba merangkai bunga mungkin bisa jadi pilihan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger