dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Penampilan Baru Pasien Transplantasi Wajah

Penampilan Baru Pasien Transplantasi Wajah

Written By Unknown on Rabu, 28 Maret 2012 | 17.56


Tak hanya wajah baru berdetail nyaris sempurna, tapi juga gigi, lidah, dan rahang baru.

Metamorfosis wajah Richard Lee Norris  
VIVAnews - Richard Lee Norris tak bisa menahan haru saat memandang wajah barunya di cermin. Pria 37 tahun yang mengalami kecelakaan senjata pada 1997 itu baru saja menjalani transplantasi wajah paling fenomenal dalam sejarah medis.

Tim bedah dari University of Maryland Medical Center mengatakan, pria asal Hillsville, Virginia, itu mulai pulih setelah melewati 36 jam operasi. Ia tak hanya memiliki wajah baru dengan detail nyaris sempurna, tapi juga gigi, lidah, dan rahang baru.

Perkembangan kondisi Norris melampaui harapan dokter. Seminggu pascaoperasi, ia sudah dapat membuka dan menutup mulutnya. Bisa menyikat gigi barunya, juga mencukur kumis yang mulai tumbuh di wajah palsunya. Ia bahkan kembali dapat memfungsikan indra penciumannya.

Sebelum operasi ini, Norris sudah menjalani serangkaian tindakan medis dan bedah rekonstruksi untuk memperbaiki bentuk wajah dan fungsi mulutnya. Namun, semua itu tetap meninggalkan kondisi wajah buruk. Ia hanya berani keluar rumah dengan masker penutup wajah, malam hari.

"Sebelumnya, orang terbiasa memandang takjub Norris karena dia mengenakan masker dan penasaran seburuk apa wajahnya. Tapi kini, mereka punya alasan lain untuk menatapnya, sungguh menakjubkan," kata ketua tim bedah, Dr Eduardo Rodriguez, dikutip Health Line.

Rodriguez mengatakan bahwa operasi yang berlangsung hampir dua hari itu melibatkan lebih dari 150 dokter, perawat, dan staf medis. Para ahli bedah plastik dan rekontruksi yang terlibat memiliki keahlian khusus di bidang craniofacial dan reconstructive microsurgery.

Prosedur inovatif ini menggunakan teknik bedah yang terkomputerisasi. "Tujuan kami adalah mengembalikan fungsi serta estetika wajah," kata Rodriguez. (umi)

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger