dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Pemimpin dunia kerjasama atasi nuklir

Pemimpin dunia kerjasama atasi nuklir

Written By Unknown on Selasa, 27 Maret 2012 | 14.55


Pemimpin AS, Cina, Korsel
Pemimpin AS, Cina, Korsel bertemu untuk membahas
 ancaman nuklir bagi dunia.
 

Pemimpin dunia telah menyerukan untuk mempererat kerjasama untuk mengatasi ancaman terorisme nuklir dalam KTT Keamanan Nuklir di Seoul.
Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak mengatakan terorisme nuklir masih merupakan sebuah ancaman yang menyeramkan, sementara Presiden AS Barack Obama mengatakan penting untuk melakukan aksi.
Presiden Cina Hu Jintao mendesak kelompok negara-negara untuk bekerja sama dalam masalah tersebut.
Dalam pertemuan itu, pemimpin dunia mendiskusikan kebijakan untuk memerangi terorisme nuklir, termasuk perlindungan fasilitas dan meterial nuklir, bersamaan dengan pencegahan perdagangan bahan-bahan nuklir.
Obama memperingatkan masih terlalu banyak perilaku buruk yang mengancam cadangan dan menggunakan bahan-bahan nuklir berbahaya.
"Itu tidak perlu banyak, hanya segenggam dari material ini, untuk membunuh ratusan ribu orang yang tidak bersalah dan itu tidak bukan pernyataan yang berlebihan, itu realitas yang kita hadapi," kata dia.
"Keamanan dunia bergantung kepada aksi yang kita lakukan."
Hu menyerukan untuk menciptakan sebuah iklim internasional yang kondusif untuk meningkatkan keamanan nuklir, dan Lee meminta untuk melakukan aksi konkrit untuk mengatasi ancaman bagi perdamaian itu.
KTT, yang dihadiri oleh sekitar 60 pemimpin dari berbagai belahan dunia, juga membahas komunike bersama.

Peluncuran roket

Dalam pertemuan itu didominasi oleh rencana peluncuran roket Korea Utara, pada bulan depan.
Korea Utara mengatakan roket jarak jauh ini akan membawa satelit. AS mengatakan peluncuran itu akan melanggar resolusi PBB tentang uji coba misil.
Pembicaraan dalam pertemuan pada Senin didominasi oleh rencana peluncuran roket Korea Utara, yang dijadwalkan antara 12 dan 16 April.
Pyongyang mengatakan peluncuran itu untuk menandai peringatan 100 tahun kelahiran pemimpin besar Korut, Kim Il-sung.
Selana (27/3) lalu, kantor berita pemerintah Korea Utara KCNA menjelaskan "satelut cuaca" yang rencananya akan diluncurkan itu digunakan untuk "mempelajari perkiraan cuaca yang dibutuhkan untuk pertanian dan sektor ekonomi lain".
Presiden AS dan Cina bertemu pada Senin (26/3) lalu, disela KTT dan sepakat untuk mengkoordinasikan reaksi mereka terhadap "potensi provokasi" jika Pyongyang meluncurkan roket.
Korea Selatan dan AS mengatakan Korut akan berisiko mendapatkan sanksi lanjutan dan isolasi jika tidak membatalkan rencana itu.
Seoul juga memperingatkan akan menembak roket itu jika memasuki wilayah udara Korsel.
Lokasi peluncuran roket yang direncanakan, berdekatan dengan perbatasan cina.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger