dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » PBB Kian Khawatirkan Nuklir Korut & Iran

PBB Kian Khawatirkan Nuklir Korut & Iran

Written By Unknown on Rabu, 28 Maret 2012 | 16.13


Foto : Sekjen PBB Ban Ki Moon (heegantv)
Foto : Sekjen PBB Ban Ki Moon (heegantv)
TOKYO - Sekretaris Jendral Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Ban Ki Moon mengutarakan kekhawatirannya atas sikap Iran dan Korea Utara (Korut) yang masih menjalankan program nuklirnya.

Dalam pidatonya di Konferensi Keamanan Nuklir Internasional, Ban mendesak Korut dan Iran agar menghentikan kebijakannya yang dianggap mendestabilisasikan keamanan global.

"Saya ingin menekankan pentingnya untuk menaati Resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap isu program nuklir dan apapun yang terkait dengan itu. Dalam hal ini, saya sangat khawatir dengan Korut dan Iran yang tidak mematuhi DK PBB," ujar Ban, seperti dikutip KUNA, Selasa (27/3/2012).

"Korut dan Iran harus menghentikan aksinya yang kerap mendestabilisasikan keamanan dunia," tegasnya.

Ban juga menyoroti rencana Korut yang akan meluncurkan satelit pada April mendatang. Ban menyebut Korut melanggar resolusi DK PBB 1874 yang melarang negeri komunis itu mengembangkan misil balistik.

Korut bahkan sempat menyerang perkataan Presiden Barack Obama yang mengkritisi rencana peluncuran satelit itu. Korut menilai Obama mengeluarkan pernyataan konfrontasi dan berusaha menjelaskan bahwasannya peluncuran satelit yang menggunakan roket jarak jauh itu ditujukan untuk kepentingan damai.

Roket Unha 3 yang akan membawa satelit Kwangmyongsong 3 dikabarkan akan diluncurkan dari Kota Cholsan antara tanggal 12 April hingga 16 April 2012. Peluncuran satelit ini dilakukan bertepatan dengan perayaan 100 tahun pendiri Korut, Kim Jong-Un.(AUL)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger