dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Mendagri Ancam Kepala Daerah yang Demo BBM, Priyo: Itu Kontraproduktif

Mendagri Ancam Kepala Daerah yang Demo BBM, Priyo: Itu Kontraproduktif

Written By Unknown on Rabu, 28 Maret 2012 | 22.18


Jakarta Mendagri Gamawan Fauzi mengancam memberi sanksi kepada setiap kepala daerah yang ikut turun ke jalan menentang kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM. Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso, menilai tidak sepatutnya Mendagri mengeluarkan ancaman demikian.

"Tidak perlu Mendagri mengancam, apalagi dengan pemecatan segala. Bisa kontraproduktif," kata Priyo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/3/2012).

Dia menyarankan agar Mendagri Gamawan Fauzi sebaiknya membuat surat edaran dengan maklumat yang jelas dan tegas tentang etika pemerintahan, bahwa pemerintahan di Indonesia dari pusat hingga daerah adalah satu tanpa melihat etnis dan atribut tertentu. Edaran itu ditujukan kepada kepala daerah seperti gubernur, wali kota, dan bupati di seluruh Indonesia.

"Ketika sudah disumpah, maka harus tunduk dengan pemerintahan," pungkas Priyo.

Sebelumnya, Gamawan Fauzi menegaskan jika APBN kenaikan BBM disahkan menjadi undang-undang, maka kepala daerah yang ikut dalam aksi demonstrasi menolak kenaikan BBM akan dipecat. Pemberhentian kepala daerah itu disebut di dalam undang-undang karena melanggar sumpah jabatan.

"Kalau masih ada lagi demo kepala daerah itu boleh diberhentikan," ujar Gamawan usai menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional PNPM Mandiri di Hotel Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (27/3).

Menurut Gamawan, alasan pemberhentian Kepala Daerah tersebut karena melanggar sumpah jabatan.

"Karena kepala daerah bersumpah patuh dan taat kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku itu bunyinya," terangnya.

Pejabat daerah yang terlibat demonstrasi antara lain Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Dia memimpin unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM bersubsidi. Sedangkan Wakil Wali Kota Surabaya, Bambang DH, juga mendukung demonstrasi menolak kenaikan harga BBM melalui orasinya.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger