dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Menciptakan Puisi Itu Mudah

Menciptakan Puisi Itu Mudah

Written By Unknown on Rabu, 28 Maret 2012 | 16.14


Apakah anda merasa sulitmembuat puisi? Jika anda berpendapat bahwa menulis puisi itu sulit sebaiknya buang jauh-jauh perasaan itu karena sebenarnyamembuat puisi itu sangat mudah. Hanya satu hal yang menurut saya sulit membuatnya kalau andatidak bisa baca tulis ( tulis termasuk juga mengetik ). Salah satu contoh jika anda tidak bisa membaca artikel terbaru dari saya ini, saat ini, maka mohon maaf anda tidak bisa menulis sebuah puisi. Jadi anda harus belajar membaca dulu tulis. He he he. Padahal apa yang tidak bisa dijadikan puisi dalam hidup ini. Kalau para pakar sastra atau sastrawan bahkan mengartikan yang lebih luas bahwa puisi itu apa yang disampaikan, apa yang dinyatakan dan apa yang diungkapkan oleh seseorang adalah puisi. Dengan pengertian ini maka setiap yang anda bicarakan maka maknanya adalah puisi. Misalnya anda adalah ahli pidato. Lalu pidato anda direkam ke dalam sebuah CD atau cassette jaman dulu, kemudian hasil rekaman tadi anda tulis ke sebuah buku, maka jadilah puisi. Itu kalau pengertian yang didefinisikan para ahli puisi dengan pemahaman yang lebih luas.
Bagi saya puisi itu adalah ungkapan rasa. Apakah anda tidak punya rasa? Saya yakin jika anda tidak sedang sakit jiwa ( maaf ) atau tidak gila ( maaf lagi ) maka rasa itu pasti ada. Rasa pada diri manusia beragam. Ada rasa sedih ketika mendapatkan musibah, ada rasa bahagia ketika mendapatkan nikmat dari Allah, ada rasa marah ketika pemerintah mau menaikkan BBM, ada rasa berduka ketika kekasih memutuskan hubungan, ada rasa galau ketika akses internet lemot banget dan sering putus-putus, dan lain-lain. Masih banyak lagi rasa rasa yang lain. Nah, apakah anda memiliki sebagian dari rasa di atas ketika ada suatu peristiwa yang saya sebutkan tadi? Alhamdulillah jika ya karena anda berarti normal. Jadi alangkah indahnya hidup ini karena pada diri manusia ada rasa.
Sekarang bagaimana rasa yang menghinggapi perasaan kita larutkan ke dalam kalimat-kalimat tertulis? Sulitkah? Tidak. Modalnya adalah bisa menulis dan bisa membaca. Misalnya sekarang anda sedang sedih dan galau karena diputus sang pacar, maka anda akan berkata dalam hati ( contoh saja ya ) :
aduuuuuh kenapa sich kau memutuskan hubungan denganku
Itu kalimat dalam hati anda khan? Nah, coba sekarang anda rubah menjadi begini :
Kenapa
Kau putuskan hubungan
yang telah kita bina sejak lama
Bagaimana indah khan? Intinya adalah tulis suara hati yang lahir dalam pikiran anda ke dalam kalimat-kalimat acak lalu perbaiki susunannya. Misalnya kata aduuuuh dan sich saya buang. Lalu menjadi kalimat di atas. Itu hanya sekedar contoh saja ya. Jika anda kreatif maka bisa merubahnya menjadi susunan kata yang lain yang lebih indah dan memukau. Jika kalimat-kalimat yang lahir dari rasa tadi telah menjadi larik-larik puisi, maka saatnya sekarang mempublikasikannya. Puisi anda bisa ditayangkan di blog, media massa baik cetak atau elektronik dll. Punya blog khan? Jangan lupa publish ke blog anda. Dekat dengan penerbit buku atau surat kabar kirim saja ke sana siapa tahu layak untuk diterbitkan. Kalau bisa diterima di sebuah surat kabar honornya gede loh. He he he. Atau anda merasa kesulitan mau dikirim ke mana puisi-puisi anda?
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger