dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » » Kontras: Aparat Keamanan Melanggar HAM

Kontras: Aparat Keamanan Melanggar HAM

Written By Unknown on Rabu, 28 Maret 2012 | 15.28


TRIBUN NEWS/DANY PERMANAKoordinator Kontras Haris Azhar (kiri).

JAKARTA, KOMPAS.com
 -- Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai aparat kepolisian melanggar prinsip hak asasi manusia (HAM) dalam penanganan aksi unjuk rasa di Gambir, Jakarta Pusat.
Dari pemantauan Kontras, terdapat lima lokasi di Jakarta yang menjadi pilihan peserta unjuk rasa, yaitu gedung DPR, Pelabuhan Tanjung Priok, Jalan Thamrin (Bundaran HI), dan Istana Negara. Unjuk rasa di keempat lokasi itu berlangsung cukup kondusif.
Akan tetapi, menurut Koordinator Badan Pekerja Kontras Haris Azhar, di lokasi kelima, dekat Stasiun Gambir, gesekan antara massa demonstran dengan aparat kepolisian tidak bisa dihindari. "Setidaknya, berdasarkan pemantauan, ada beberapa bentuk pelanggaran HAM yang dilakukan polisi," kata Haris, Selasa (27/3/2012) di Jakarta.
Pelanggaran itu antara lain penembakan dengan senjata gas air mata, penyemprotan dengan water cannon (tiga unit), penangkapan, penyerangan, perampasan kamera dan memory card milik jurnalis, sampai pengejaran pengunjuk rasa hingga ke pemukiman penduduk.
Selain itu, kata Haris, puluhan orang ditangkap dan ditahan di Polda Metro Jaya. Puluhan lainnya juga terluka dalam insiden ini.
"Semestinya, bentrokan di Gambir bisa dihindari, jika aparat kepolisian tetap memegang prosedur pengamanan secara konsekuen, sebagaimana yang telah diterapkan di empat titik lainnya," tutur Haris.
Secara terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, penanganan aksi unjuk rasa itu sudah sesuai dengan prosedur
.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger