dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » » Komunitas Miss Jinjing, Loyalis Label Ternama

Komunitas Miss Jinjing, Loyalis Label Ternama

Written By Unknown on Selasa, 27 Maret 2012 | 14.50


detail berita
Miss Jinjing (Foto:haryantosujatmiko.multiply.com)
TIDAK hanya komunitas belanja dan hura-hura, Miss Jinjing menjadi ajang tukar cerita dan berbagi dalam menjalin networking. Komunitas ini sering diundang kegiatan peluncuran produk ternama sekaligus menjadi pembeli potensialnya.   

Tidak ada yang bisa menampik bahwa perempuan dan belanja bagai satu kesatuan utuh tak terpisahkan. Atas dasar itulah, komunitas penggila belanja ini terbentuk. Awalnya, anggota perkumpulan ini merupakan pembaca setia blog belanjasampai- mati.blogspot.com milik Amelia Masniari.

Sejak 2008, Amy, panggilan akrab Amelia, menuliskan semua pengalaman dirinya saat berbelanja sekaligus jalan-jalan ke berbagai kota, baik dalam negeri maupun mancanegara. Misalnya Singapura, Malaysia, China, Hong Kong, Korea, Jepang, Paris, Dubai, dan Abu Dhabi. Dia memang hobi traveling dan berprofesi sebagai personal assistant buyer.

Sebagai personal assistant buyer, Amy bertugas berbelanja dan mencari barang-barang bermerek terbaru bagi para sosialita dan kalangan berduit, terutama ibu-ibu pejabat. Pengalaman berbelanja yang dia tulis di blognya juga tak hanya saat menyambangi toko ternama dengan merek masyhur, semacam Gucci, Channel, Louis Vuitton, Hermes, Dolce & Gabbana, Versace, dan Armani. Dia juga sampai menelusuri pasar loakan.

Selain itu, banyak juga tips dan trik seputar belanja seperti memilih barang bermerek yang asli, tempat-tempat belanja asyik, plus di mana harus menginap, penggolongan tipe pembelanja, juga tips menawar belanjaan di kota tertentu. Dengan isi yang begitu informatif, tak disangka, blog itu menuai sukses dan disukai. Baru tahun pertama saja, pembaca blog ini menembus angka 10.000 pengunjung.

Hal itu pulalah yang membuat ketertarikan penerbit untuk membukukan tulisan dalam blog ini. Sampai saat ini sudah ada delapan buku yang ditulis Amy dengan titel Miss Jinjing, sesuai julukan teman-temannya kepada wanita ini. Pembeli buku ini akhirnya menjalin pertemanan hingga bersatu membentuk komunitas. Menurut Amy, dirinya memiliki semua daftar anggota komunitas, tidak hanya nama mereka, juga data pribadi seperti usia, gender, lokasi domisili, alamat email, alamat rumah, status, profesi, minat, tingkat pendidikan, dan pendapatan.

Semua anggotanya sampai saat ini sudah berjumlah sekitar 10.000 orang, tersebar di hampir seluruh Indonesia, bahkan luar negeri. ”Mungkin komunitas belanja satusatunya yang punya data yang lengkap dan detail ya Komunitas Miss Jinjing,” tuturnya. Data ini, lanjut dia, sering digunakan label, department store, perusahaan consumer goods, dan badan usaha milik negara (BUMN) untuk dijadikan barometer perilaku konsumen Indonesia dan pangsa pasar yang terbatas (segmented).

Mereka juga sering diundang oleh produsen merek ternama untuk menghadiri peluncuran produk terbaru atau kegiatan gathering khusus anggota Miss Jinjing. Semisal Estee Lauder, Kerastase, Irwan Team Salon, Garuda Indonesia, Elizabeth Wahyu, Folli Follie, Hutama Karya, Anteprima, Danareksa TBK, dan lainnya. ”Kami juga rutin menyelenggarakan program hadiah atau diskon yang disponsori label lokal maupun internasional tersebut,” kata Amy.

Jadi, menurut Amy, komunitas ini tidak sekadar ajang kumpul dan belanja semata, tetapi juga memberikan dampak yang signifikan bagi orang sekitar, terutama pihak yang mengundangnya pada sebuah acara. ”Mal dan perusahaan itu senang mengundang kami karena membawa crowd.

Kami juga punya buying power yang kuat karena anggotanya beragam dari yang muda sampai yang tua. Berbagai profesi dan pekerjaan ada. Istilahnya, Komunitas Miss Jinjing itu "real people with real money,” tandasnya. Selain kegiatan undangan dari perusahaan dan launching buku, anggota Komunitas Miss Jinjing juga rutin mengadakan shopping trip bersama-sama, misalnya ke Singapura dan Hong Kong.
(tty)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger