dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Kedatangan Sekjen PBB Akan Perkuat Pasukan Perdamaian RI

Kedatangan Sekjen PBB Akan Perkuat Pasukan Perdamaian RI

Written By Unknown on Selasa, 20 Maret 2012 | 14.45


Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone)
Menlu Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/Okezone)
JAKARTA - Kedatangan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-Moon akan menjadi perhatian khusus bagi keberadaan pasukan perdamaian Indonesia. Menurut Menlu Marty Natalegawa kedatangan Ban, akan memperkuat kerja sama RI-PBB.

"Jadi, direncanakan pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen PBB di Istana Bogor. (Pertemuan) itu akan mencakup beberapa masalah, perkembangan internasional, baik global maupun kawasan. Global misalnya perkembangan di Afrika Utara, Timur Tengah," ujar Menlu Natalegawa di Jakarta, Senin (19/3/2012).

Menlu juga mengatakan, kehadiran Ban juga akan membahas isu regional misalnya Semenanjung Korea, Laut China selatan, Myanmar, Thailand-Kamboja. Selain itu juga akan dibahas masalah-masalah yang selama ini khusus menjadi perhatian Indonesia.

Menurut Menlu, Indonesia telah memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah kawasan. Hal ini di matanya akan diapresiasi oleh Sekjen PBB karena memberikan kontribusi pada perdamaian, kemanan dan kesejahteraan kawasan.

"Disamping masalah global regional, mungkin akan dibahas kerja sama Indonesia dan PBB. Indonesia - PBB  sekarang sedang dalam tahap merampungkan suatu kesepakatan untuk meningkatkan hubungan Indonesia-PBB menjadi strategic partnership," lanjutnya. 

"Ini belum tuntas. Belum selesai pembahasannya, mungkin masih harus dibahas lebih lanjut. Kemudian juga kerja sama Asean-PBB. Ingat tahun lalu, atas prakarsa Indonesia hubungan Asean dan PBB telah naik ke level yang lebih tinggi," imbuh Menlu.

Menlu menekankan bagaimana negara seperti Indonesia bisa berkontribusi terhadap pemeliharaan perdamaian dan keamanan internasional melalui diplomasi dalam kedatangan Sekjen PBB. Termasuk juga upaya pasukan pemeliharaan perdamaian. 

Perkembangan Timur Tengah diperkirakan juga akan menjadi pembahasan dalam pertemuan ini. Khususnya seperti masalah Suriah, Selat Hormuz dan lainnya.  
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger