dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , , » Jadi Tersangka, Wali Kota Semarang Dicegah ke Luar Negeri

Jadi Tersangka, Wali Kota Semarang Dicegah ke Luar Negeri

Written By Unknown on Senin, 19 Maret 2012 | 21.24


Jakarta Tak lama setelah ditetapkan sebagai tersangka, Walikota Semarang, Jawa Tengah, Soemarmo juga dicegah ke luar negeri oleh KPK. Surat pencegahan itu dikirimkan mulai hari ini.

"Hari ini KPK mengirimkan surat ke Imigrasi, mengenai permintaan pencegagan atas nama Soemarmo Walikota Semarang untuk masa waktu satu tahun sejak dikirimkan hari ini," tutur Jubir KPK Johan Budi, Senin (19/3/2012).

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wali Kota Semarang, Jawa Tengah, Soemarmo HS, jadi tersangka. Dia diduga terlibat dalam kasus suap APBD Semarang.

Soemarmo diduga melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau pasal 13 Undang-undang 31 tahun 1999 sebagaimana diubah menjadi UU No 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Soemarmo sebelumnya sudah bersaksi di sidang Sekda Semarang Sekda Akhmat Zaenuri. Saat itu dia membantah memberi perintah pada Zaenuri dan bawahannya untuk menyuap anggota DPRD demi kelancaran pembahasan APBD 2012. Namun ia mengakui pernah menyuap.

Kasus ini terungkap setelah KPK menangkap dua anggota DPRD, Sumartono (PD) dan Agung Purno Sarjono (PAN) serta Sekda pada 24 Oktober 2011. Pada awalnya, KPK mendapatkan bukti Rp 40 juta, namun setelah ditelusuri dana suap mencapai Rp 400 juta. Di luar itu, disebut-sebut ada dana miliaran rupiah yang siap digelontorkan untuk memperlancar pembahasan APBD 2012.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger