dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , » Cina Tunda Rencana Relokasi Industri ke Jabar

Cina Tunda Rencana Relokasi Industri ke Jabar

Written By Rifqi Ramadhani on Kamis, 15 Maret 2012 | 18.58


TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan tarif dasar listrik (TDL) berdampak pada iklim investasi di Jabar. Para pemodal asal berbagai negara, seperti Cina, Jepang, Malaysia, termasuk beberapa negara Eropa, belum dapat merealisasikan rencana mereka untuk berinvestasi di Tatar Pasundan ini.
"Para investor asal berbagai negara tersebut masih menunggu perkembangan terkini di Indonesia, khususnya Jabar, berkaitan dengan rencana kenaikan harga BBM dan TDL," kata Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Perdagangan Luar Negeri dan Investasi, Johnny Andhella, di Kadin Jabar, Jalan PHH Mustopa Bandung, Rabu (14/3/2012).
Menurut pria yang juga menjabat Ketua DPD Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) Jabar ini, investor asal Cina sebenarnya siap berinvestasi di Jabar, termasuk merelokasi industrinya ke kawasan industri di Cikarang, Bekasi. Tapi para pemodal itu mempertimbangkan masalah keamanan di Indonesia, seiring maraknya aksi unjuk rasa terkait isu kenaikan BBM dan TDL.
Sebenarnya, kata Johnny, bagi para investor, terjadinya kenaikan harga BBM dan TDL bukan sebuah masalah. Itu karena, para investor sudah melakukan kalkulasi. Selain itu para investor tersebut menilai iklim investasi di Indonesia tergolong cukup aman.
"Tapi, kondisi yang berkembang akhir-akhir ini, misalnya, banyaknya aksi unjuk rasa kenaikan BBM, membuat para investor khawatir. Karenanya, mereka menunda rencananya berinvestasi sampai segala sesuatunya kondusif," kata Johnny.
Jika tidak mengalami penundaan, menurut Johnny, para investor itu siap berinvestasi pada sektor riil yang bersifat padat karya.
"Investasi padat karya dapat menyerap tenaga kerja. Artinya, hal itu dapat meminimalisir angka pengangguran di Jabar, yang saat ini, masih cukup tinggi," ujarnya.(win)
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger