dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » , , » 'Banyak Daerah Menolak, 3 Cabor Tambahan Otomatis Gugur'

'Banyak Daerah Menolak, 3 Cabor Tambahan Otomatis Gugur'

Written By Unknown on Kamis, 29 Maret 2012 | 14.28



Pekanbaru - Keputusan Menpora Andi Mallarangeng yang mempersilakan tiga cabang olahraga (cabor) tambahan dipertandingkan di PON XVIII hampir dipastikan gugur karena tidak akan memenuhi syarat yang ditetapkan.

Hal itu dikatakan Ketua Harian PB. PON 2012 Riau, Syamsurizal, kepadadetiksport, Rabu (28/3/2012) malam WIB.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah melalui Menpora memutuskan membolehkan drumband, hoki dan dansa diikutkan dalam PON tahun iniasalkan diikuti sejumlah provinsi yang telah lolos kualifikasi, dan tidak ada daerah yang menggantikannya apabila yang sudah lolos itu tidak mendaftar selambat-lambatnya 4 April.

"Keputusan itu pada dasarnya untuk mengakomodir semua pihak, antara KONI daerah yang melakukan penolakan dengan ketua umum (KONI Pusat). Tapi pada dasarnya penerimaan itu dengan sendirinya akan gugur," terang Syamsurizal.

Ia lalu menerangkan, hoki bisa diperlombakan dengan syarat diikuti 8 provinsi yang telah lolos kualifikasi. Namun, menurut Syamsurizal, tujuh di antaranya sudah menyatakan menolak. Artinya, sisa satu provinsi itu tidaklah memenuhi syarat dari pemerintah.

"Drumband juga begitu. Syaratnya 10 provinsi yang telah lolos kualifikasi. Tapi tujuh daerah sudah mengirim pesan pada PB PON untuk tidak ikut. Sisanya tinggal tiga, dan itu berarti gugur pula."

Mengenai dansa, dari 16 daerah yang telah lolos kualifikasi, 11 telah menyatakan mundur pada pihak PB PON. Masih ada 5 pprovinsi yang kemungkinan tetap ikut, dan itu memenuhi syarat minimal partisipan yang ditetapkan Menpora.

"Namun, PB PON berdasarkan masukan dari lembaga-lembaga adat dan tokoh-tokoh agama menyatakan tidak menggelar cabor tersebut. Alasannya, dansa dinilai tidak sesuai dengan tatanan adar masyarakat melayu Riau yang identik dengan Islam," tutur Syamsurizal.

"Pemerintah sudah mencoba mengakomodir, tapi tiga cabor tersebut nantinya akan gugur. Ini bukan sebuah skenario, tapi solusi terbaik supaya masing-masing pihak tidak saling menyalahkan," tutup dia.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger