dailyvid

More Post »
Headlines News :
Home » » Bahan – Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Bahan – Bahan Kimia Berbahaya Dalam Kehidupan Sehari – Hari

Written By Rifqi Ramadhani on Kamis, 09 Februari 2012 | 13.40


Bahan – Bahan Kimia Berbahaya merupakan kumpulan zat yang dapat membahayakan tubuh serta kesehatan kita. Jika kita perduli dengan kesehatan diri kita sendiri, maka sebaiknya berhati – hati dalam dalam memilih kebutuhan hidup kita, baik itu makanan, minuman, atau hal – hal lain yang memang menjadi kebutuhan kita.
Seringkali kita tidak menyadari bahwa barang / benda yang menjadi kebutuhan sehari – hari kita menjadi bumerang bagi kita sendiri. Hal ini terjadi karena kita tidak selektif dalam memilihnya, sehingga tanpa disadari pada barang / benda tersebut terdapat bahan – bahan kimia berbahaya yang sangat merugikan kesehatan kita.

Jenis – Jenis Bahan Kimia Berbahaya

Bahan – bahan kimia berbahaya tidak hanya terdapat pada makanan, tetapi barang / pakaian yang sering kita gunakan pun terdapat zat – zat kimia yang berbahaya. Berikut beberapa jenis bahan kimia yang terdapat di kehidupan kita sehari – hari.

Bahan Kimia Berbahaya Dalam Makanaan

1. Sakarin ( Saccharin )
Sakarin sering dikatakan sebagai bahan pengganti gula. Bentuknya seperti bubuk putih tidak berbau dan sangat manis. Zat kimia yang satu ini, seringkali digunakan sebagai pengganti gula karena memiliki tingkat kemanisan 550 kali lebih dari gula biasa. Efek samping dari bahan kimia ini yaitu dapat menyebabkan kanker kandung kemih ( mukosa ).
2. Siklamat ( Cyclamate )
Zat kimia yang satu ini juga sering dijumpai pada makanan serta minuman. Sama seperti sakarin, siklamat juga merupakan bahan pengganti gula. Namun memiliki kadar yang rendah di banding sakarin. Kira – kira 30 kali lebih manis dari gula biasa. Efek samping yang bisa ditimbulkan dari penggunaan zat kimia yang berlebihan ini pecahnya sel kromosom dalam medium biakan leukosit.
3. Nitrosamin
Nitrosamin memiliki bentuk seperti garam. Warnanya agak sedikit kekuning – kuningan. Bahan kimia ini biasanya sering digunakan untuk menciptakan aroma khas suatu makanan. Efek samping yang ditimbulkan dapat menggangu metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, serta mengubah susunan DNA di dalam tubuh.
4. Boraks
Bahan kimia berbahaya ini rasanya sering kita dengar. Boraks merupakan bahan kimia berbahaya yang sering digunakan dalam makanan karena dapat menimbulkan efek yang bagus pada tekstur makanan. Padahal aslinya boraks ini merupakan bahan pembersih dan pengawet kayu. Efek yang ditimbulkan dari penggunaan bahan kimia ini adalah kematian, koma, kerusakan ginjal, dll.
Bahan Kimia Berbahaya Dalam Pembersih
1. Phthalates
Bahan kimia ini biasanya terdapat dalam pengharum ruangan, tisue wangi, dan sabun pencuci rumah. Efek samping dari bahan ini dapat mengganggu kinerja ginjal, bahkan jika penggunaan zat ini dalam dosis tinggi dapat menyebabkan pengurangan jumlah sperma pada pria.
2. Botoxyethanol
Biasanya terdapat dalam produk pembersih seperti pembersih jendela. Bahan kimia ini menurut penelitian dapat menyebabkan sakit tenggorokan ketika kita menghirupnya.
3. Triclosan
Zat ini sering kita temukan dalam sabun dan deterjen. Menurut peneliatan triclosan ini dapat mengganggu fungsi hormon pada tubuh manusia.

Kesimpulan

Sebagai seorang konsumen. Kita sebaiknya selektif dan berhati – hati dalam memilih barang atau makanan yang akan kita gunakan. Karena tanpa kita sadari produk / barang tersebut terdapat bahan – bahan kimia berbahaya yang sangat merugikan kesehatan kita. Teliti sebelum membeli, dan berkonsultasilah kepada orang yang tau dan mengerti.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Blognya Si Rifqi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger